Semester Tamat Di Kampus Tercinta

Hal yang paling risau selama jadi mahasiswa mungkin di semester terakhir semasa kuliah, hal tersebut juga saya alami di saat jadi mahasiswa dahulu di kampus Universitas Telkom (dulu IT Telkom atau STT Telkom) mulai dari pertengahan tahun 2012 hingga permulaan tahun 2014. Sedikit agak lama, dikarenakan ada sebuah hal dan ditambah risau menyeleksi judul Tugas Akhir (TA) atau Skripsi. :)


Gambar diatas berbincang nasib kalian yang dikala ini sedang tingkat simpulan dan atau mau menuju di tingkat akhir. :p
Mungkin Tuhan bareng kalian mahasiswa tingkat akhir, namun kadangkala dosen pembimbing tidak bareng kalian di saat kalian membutuhkannya (bimbingan).haha....
Woleess mas mbak, akang teteh, bro & sis... insyaAllah dengan perjuangan dan doa serta rayuan ke dosen pembimbing akan memperlancar proses tingkat simpulan kalian. :D

Saya pun dahulu juga pernah mengalami nya, bahkan di saat temen-temen seperjuangan telah mulai sidang tepatnya antara bulan Juni - Oktober 2013 (beeh... ingat banget waktu nya) demi memburu wisuda November saya masih menjalankan Tugas Akhir. Disitulah kadang saya merasa sedih...

Bahkan pernah di-php-in dosen pembimbing di saat disuruh cepet-cepet nyelesaiin biar bisa ngejar wisuda November, namun alhasil zoooonnk.....  (waduuh apabila bapaknya baca ini, maap pak ya... mungkin saya terlalu berharap.hehe... )

Tapi dari situ lah saya sanggup hikmah nya, seumpama kutipan hikmah yang disampaikan oleh Ibnu Atha'illah dalam kitab Al-Hikam bahwa,

"Tekad yang berefek takkan bisa menembus dinding takdir"

Ketika kita memiliki tekad yang berefek untuk menggapai hasrat tetapi apabila hasrat kita berlainan dengan hasrat Tuhan, kita bisa apa?. (Da saya mah apa atuh...)
Mungkin rencana Tuhan belum mengijinkan saya lulus waktu itu.

Saya pun mulai menjalankan TA dengan serius dan santai sambil tak lupa berdoa sama minta doa orang bau tanah (itu penting lhoo...). Sambil menjalankan dan mengisi kegiatan lainnya saya pun ikut pembinaan CCNA di Nixtrain Bandung. Sekalian penawaran spesial nih :D, Nixtrain merupakan IT Solution & Training Center di kota Bandung. Training nya ada macem-macem seperti: Cisco, Mikrotik, Security, Linux dll. Owner Nixtrain merupakan Mas Agus, dahulu dosen dan pelatih saya serta pembina lab ketika saya masih aktif di Lab. Untuk info lebih lengkapnya datangi web nya aja yak www.nixtrain.com hehe...

Balik lagi ke semester akhir, waktu itu bulan Desember 2013 dan saya telah sangat-sangat galau. Kenapa? alasannya teman-teman seperjuangan telah ada yang lulus, wisuda dan bahkan kerja. Sedangkan saya? masih berkutat dengan revisi, revisi dan revisi. Kalau misal nambah semester lagi mesti bayar lagi dan belum lagi umur habis buat kuliah terus nikahnya kapan (Lhooohh... ???)

Akhirnya saya putuskan libur natal tahun 2013 balik kampung ke tempat tinggal Madiun untuk minta doa restu orang bau tanah dan doa orang-orang saleh di kampung agar diberi kelangsungan dalam pengolahan kiprah akhir. Alhamdulillah pas tahun gres 2014 balik ke Bandung kemudian tutorial dan benerin revisi-revisi jadinya saya sidang tanggal 20 Januari 2014. Kalau diperhatikan, saya pulang tanggal 24 Desember 2013 dan sidang tanggal 20 Januari 2014. Nggak hingga 30 hari doa dari orang bau tanah didengar dan dikabulkan oleh Allah, Alhamdulilah dahsyatnya doa orang tua.

Kaprikornus bagi kalian yang sedang berjuang di semester simpulan sempatkan lah pulang ke kampung halaman, mintalah doa terhadap kedua orang tua, kerabat, orang soleh dan para alim ulama serta kyai. Mungkin bapak ibu, mama papa, ayah bunda juga kangen ke kalian. (Nasehat ini juga buat diri saya sendiri)
Dan jangan pernah untuk melawan orang tua, alasannya ridho Allah ada di ridho orang tua. :)

Oke, cukup disini sharing pengalaman saya di semester akhir. Di postingan berikutnya saya akan sharing nasib saya sehabis lulus... :(



Related : Semester Tamat Di Kampus Tercinta

0 Komentar untuk "Semester Tamat Di Kampus Tercinta"