1. Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
1.1 Definisi Rekayasa ( Engineering )
Rekayasa yaitu Penerapan suatu ilmu untuk menuntaskan ‘’masalah praktis’ dari
tidak ada menjadi ada
1.2 Definisi Perangkat Lunak
Ada beberapa definisi perangkat lunak yang pernah dikemukakan antara lain :
perangkat lunak mempunyai karakteristik yang berbeda dari perangkat keras :
1. Berdasarkan sudut pandang
Adalah serangkaian kegiatan yang menghasilkan perangkat lunak. Terdapat 4 kegiatan pada proses perangkat lunak,yaitu :
Rekayasa perangkat lunak (software engineering) yaitu suatu proses rancang
bangun. Beberapa definisi perihal rekayasa perangkat lunak :
membuat sesuatu yang sifatnya khayalan logic yang di wujudkan dalam urutan-
urutan perintah (coding) beserta data-datanya sehingga menjadi suatu aplikasi yang
sanggup digunakan.
a. Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
Menghasilkan sebuah perangkat lunak yang berkualitas. Yang dimaksud dengan
berkualitas sanggup dilihat dari tiga sisi, sisi sponsor (individu atau organisasi yang telah
mengeluarkan biaya dalam pembangunan perangkat lunak), sisi pemakai (siapapun
yang memakai perangkat lunak tersebut), sisi maintainer / modifier (yang
memelihara dan memodifikasi perangkat lunak tersebut) dengan biaya yang efisien
dan sempurna pada waktunya.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar 1.1.
Perangkat lunak tersebut mempunyai sangat sedikit error pada ketika penginstallan
pertama (catatan : sangat kecil kemungkinannya untuk menghasilkan perangkat
lunak yang 100 % bebas dari bug). Selain itu perangkat lunak tersebut harus
terdokumentasi dengan baik. Source code juga harus gampang dibaca, terstruktur
dan dirancang dengan baik dan bersifat modular.
1.1 Definisi Rekayasa ( Engineering )
Rekayasa yaitu Penerapan suatu ilmu untuk menuntaskan ‘’masalah praktis’ dari
tidak ada menjadi ada
1.2 Definisi Perangkat Lunak
Ada beberapa definisi perangkat lunak yang pernah dikemukakan antara lain :
- Software = Perangkat lunak =Kumpulan kegiatan komputer dengan fungsi
tertentu - Perangkat lunak yaitu
- Instruksi (program komputer) yang kalau dihukum sanggup menjalankan fungsi tertentu,
- Struktur data yang sanggup membuat kegiatan memanipulasi informasi, dan
- Dokumen yang menjelaskan operasi dan penggunaan kegiatan (Pressman,
1997).- Perangkat lunak yaitu kegiatan komputer, prosedur, aturan, dan dokumentasi
yang berkaitan serta data, yang bertalian dengan operasi suatu sistem komputer
(IEEE, 1993).
- Perangkat lunak yaitu kegiatan komputer, prosedur, aturan, dan dokumentasi
perangkat lunak mempunyai karakteristik yang berbeda dari perangkat keras :
- Perangkat lunak dikembangkan atau direkayasa, jadi tidak diproduksi dalam
pengertian klasik. - Merupakan produk yang unik (tidak ada seri produksi).
- Perangkat lunak tidak pernah akan rusak/aus alasannya yaitu selalu diperbaharui
- Tidak terlihat (invisible).
- Perangkat lunak pada umumnya dibangun sesuai keinginan, jadi tidak dibuat
dari komponen yang sudah ada. - Fleksibel, sehingga gampang dimodifikasi.
- Dihubungkan (linked) dengan sistem komputer.
1. Berdasarkan sudut pandang
- Perangkat lunak sistem
Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk operasional komputer. Diantaranya : sistem operasi , penerjemah bahasa pemrograman (compiler/interpreter) - Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk membantu
menuntaskan masalalah-masalah yang dihadapi oleh pemakai. Contohnya: kegiatan paket yang sudah jadi dan kegiatan aplikasi buatan sendiri
- Perangkat Lunak Sistem (Sistem Software)
Sekumpulan kegiatan yang ditulis untuk kepentingan kegiatan lain, referensi editor,driver dan lain-lain - Perangkat Lunak Waktu Nyata (Real Time Software)
Perangkat lunak yang dipakai untuk mengukur/menganalisis atau mengontrol proses pemasukan data dari lingkungan luar hingga menghasilkan laporan yang diinginkan - Perangkat Lunak Bisnis (Business Software)
Perangkat lunak yang menawarkan akomodasi operasi untuk bisnis atau akomodasi pengambilan keputusan manajemen, referensi sistem akuntansi,inventory, payroll dan lain-lain - Perangkat Lunak Rekayasa dan Sains (Engineering and Scientific Software)
Perangkat lunak yang dipakai di dalam bidang aplikasi teknik dan kerekayasaan Perangkat lunak jenis ini biasanya berafiliasi dengan komputasi data numerik, CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem, dan lain-lain. - Embedded Software
Perangkat lunak yang dipakai untuk mengontrol suatu produk dan sistem dimana perangkat lunak tersebut disimpan. Biasanya ditempatkan di ROM, referensi Tombol di Microwave Oven - Perangkat Lunak Komputer Pribadi (Personal Computer Software)
Banyak dipakai pada aplikasi yang bersifat perorangan, misalnya :pengolah kata, spreadsheet, game, DBMS dan lain-lain. - Perangkat Lunak Intelegensia Buatan (Artificial Intelligent Software) Dibuat dengan memakai teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan duduk masalah yang kompleks, dipakai dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan, misalnya : game, expert sistem, neural network, Turbo Prolog, dan lain-lain.
Adalah serangkaian kegiatan yang menghasilkan perangkat lunak. Terdapat 4 kegiatan pada proses perangkat lunak,yaitu :
- Spesifikasi perangkat lunak : mendefinisikan fungsi dan kemampuan beroperasi
- Pengembangan perangkat lunak : menyebarkan perangkat lunak yang sesuai dengan spesifikasi
- Validasi perangkat lunak : menjamin perangkat lunak sesuai dengan yang
diinginkan pelanggan. - Evolusi perangkat lunak :perangkat lunak harus terus terupdate sesuai dengan
harapan pelanggan.
Rekayasa perangkat lunak (software engineering) yaitu suatu proses rancang
bangun. Beberapa definisi perihal rekayasa perangkat lunak :
- Pembentukan dan penggunaan prinsip rekayasa (engineering) untuk mendapat
perangkat lunak secara hemat namun jago dan sanggup bekerja secara efesien
pada komputer (Fritz Bauer, 1968). - Penerapan pendekatan yang sistematis, disiplin, dan terukur untuk
pengembangan, operasi, dan pemeliharaan perangkat lunak (IEEE, 1993). - Suatu disiplin yang mengintegrasikan proses/prosedur, metode, dan perangkat
tools untuk pembangunan perangkat lunak komputer (Pressman, 97). - Merupakan aplikasi dari prinsip-prinsip sains untuk mengurutkan transformasi
duduk masalah menjadi solusi yang sanggup bekerja dengan baik
membuat sesuatu yang sifatnya khayalan logic yang di wujudkan dalam urutan-
urutan perintah (coding) beserta data-datanya sehingga menjadi suatu aplikasi yang
sanggup digunakan.
a. Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
Menghasilkan sebuah perangkat lunak yang berkualitas. Yang dimaksud dengan
berkualitas sanggup dilihat dari tiga sisi, sisi sponsor (individu atau organisasi yang telah
mengeluarkan biaya dalam pembangunan perangkat lunak), sisi pemakai (siapapun
yang memakai perangkat lunak tersebut), sisi maintainer / modifier (yang
memelihara dan memodifikasi perangkat lunak tersebut) dengan biaya yang efisien
dan sempurna pada waktunya.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar 1.1.
Sisi Sponsor :
Tujuan utama sponsor yaitu menghasilkan dan atau menghemat uang. Sponsor
ingin memakai perangkat lunak tersebut untuk meningkatkan produktivitas
organisasi. Sponsor mengharapkan untuk sanggup menghasilkan sebuah layanan
dengan biaya yang rendah tetapi masuk akal. Karena itu sistem yang dibuat
harus handal, fleksibel dan efisien. Selain itu biaya dari pemeliharaan,
modifikasi dan peningkatan dari sistem tersebut harus serendah mungkin.
Tujuan utama sponsor yaitu menghasilkan dan atau menghemat uang. Sponsor
ingin memakai perangkat lunak tersebut untuk meningkatkan produktivitas
organisasi. Sponsor mengharapkan untuk sanggup menghasilkan sebuah layanan
dengan biaya yang rendah tetapi masuk akal. Karena itu sistem yang dibuat
harus handal, fleksibel dan efisien. Selain itu biaya dari pemeliharaan,
modifikasi dan peningkatan dari sistem tersebut harus serendah mungkin.
Sisi Pemakai :
Bagi pemakai perangkat lunak yaitu alat untuk membantu menuntaskan
tugas-tugasnya. Karena itu perangkat lunak harus menyediakan fungsi-fungsi
yang diharapkan oleh pemakai. Perangkat lunak juga harus handal dan efisien,
perangkat lunak harus sanggup menghasilkan output yang konsisten. Selain itu
pemakai harus merasa perangkat lunak yang dibuat gampang untuk dipelajari,
gampang dipakai dan gampang untuk diingat.
Sisi Maintainer/modifier : Bagi pemakai perangkat lunak yaitu alat untuk membantu menuntaskan
tugas-tugasnya. Karena itu perangkat lunak harus menyediakan fungsi-fungsi
yang diharapkan oleh pemakai. Perangkat lunak juga harus handal dan efisien,
perangkat lunak harus sanggup menghasilkan output yang konsisten. Selain itu
pemakai harus merasa perangkat lunak yang dibuat gampang untuk dipelajari,
gampang dipakai dan gampang untuk diingat.
Perangkat lunak tersebut mempunyai sangat sedikit error pada ketika penginstallan
pertama (catatan : sangat kecil kemungkinannya untuk menghasilkan perangkat
lunak yang 100 % bebas dari bug). Selain itu perangkat lunak tersebut harus
terdokumentasi dengan baik. Source code juga harus gampang dibaca, terstruktur
dan dirancang dengan baik dan bersifat modular.
0 Komentar untuk "Rekayasa Perangkat Lunak"